Kieserite



Kieserite (atau nama lainnya Magnesium sulfat) merupakan salah satu sumber yang baik untuk unsur hara magnesium dan belerang. Paling banyak digunakan di pertanian hortikultur, yang mana salah satu keuntungan terbesarnya adalah pupuk ini cocok dengan hampir semua jenis tanaman dan jenis tanah, bagaimanapun kondisi keasaman tanahnya. Kieserite termasuk pupuk yang terurai dan bereaksi dengan cepat dan merupakan pilihan yang tepat ketika unsur hara magnesium dibutuhkan segera.

Sumber kieserite ada yang dari hasil tambang alam seperti yang di Jerman, atau dari proses pemurnian produksi, seperti yang dari China. keduanya memiliki kandungan yang sama, yaitu Magnesium Sulfat (MgSO4·H2O). Pupuk Kieserite bisa langsung diaplikasikan ke tanah, dalam bentuk bubuk atau dalam bentuk granular, yang cocok untuk penebaran memakai mesin atau dicampur dengan pupuk jenis lain.

Aplikasi pupuk kieserite biasnaya di pakai sebelum penanaman dan atau selama masa pertumbuhan. dengan sifatnya yang mudah dan cepat larut, maka pupuk kieserite sangat baik untuk pemenuhan unsur hara pada saat puncak. Kieserite tidak bisa di aplikasikan sebagai pupuk yang disiramkan (foliar), akan tetapi Kieserite biasanya dipakai sebagai bahan baku untuk produksi garam epsom(MgSO4·7 H2O), yang memang terlarut sempurna dan sangat cocok untuk aplikasi siram atau irigasi.

Tanah yang rendah kandungan Mg-nya sangat membutuhkan tambahan kesediaan unsur hara ini. Tanah berpasir dan memiliki pH rendah biasanya dicirikan dengan rendahnya kandungan Mg yang tersedia bagi tanaman. Dengan kondisi tersebut, maka diperlukan tambahan pemupukan dengan kieserite. Tanah-tanah di datran tropis dan berlempung, umumnya memiliki kandungan Mg yang mencukupi dan jarang mengalami pencucian hara Mg oleh air.

Dosis aplikasi kieserite umumnya sekitar 150-300 kg/ Ha tergantung jenis tanaman dan kondisi tanah. Dalam beberapa kasus, kebutuhan Mg yang sedikit kadang cukup disupply bersama pupuk majemuk NPK+Mg.