Pemupukan kentang

 

BUDIDAYA TANAMAN KENTANG SECARA UMUM 

Kentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropawalaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.

Penjelajah Spanyol dan Portugis pertama kali membawa ke Eropa dan mengembangbiakkan tanaman ini.

Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini merupakan herba (tanaman pendek tidak berkayu) semusim dan menyukai iklim yang sejuk. Di daerah tropis cocok ditanam di dataran tinggi.

Tanaman kentang bisa tumbuh baik di dataran tinggi seperti Dieng, Temanggung ( Jawa Tengah ), Lembang ( jawa barat ), dan daerah bromo ( jawa timur ). Persyaratan tumbuh kentang, secara garis besar berkaitan dengan ketinggian dataran tanahnya. 

Kentang bisa tumbuh dengan sempurna di dataran tinggi, yaitu berkisar antara 1.600 hingga 3.000 meter diatas permukaan laut. Kelembaban udaranya tinggi, antara 80% hingga 90%. Curah hujan yang baik bagi Tanaman Kentang berkisar antara 1200 hingga 1500 mm/th. Membutuhkan penyinaran matahari yang cukup sepanjang hari. 

Kentang tumbuh baik pada tanah dengan jenis tanah vulkanis yang memiliki sedikit kandungan pasir. Tekstur tanah gembur, kaya akan unsure hara yang dibutuhkan tanaman. Tanah memiliki kandungan air tanah yang cukup dan memiliki system drainase yang baik. PH tanah netral berkisar diantara 5 hingga 6,5. Jika tanah terlalu asam ( kurang dari 5 ) maka perlu dilakukan pengapuran. Sebaliknya jika tanah terlalu basa ( lebih dari 9 ) maka perlu diberikan belerang sebelum penanaman. Suhu tanah berada dalam kisaran 15 hingga 20 derajat celcius. 

Adapun tahapan budidaya kentang, secara general sebagai berikut:

  1. Perhatikan Syarat Tumbuh Kentang.
  2. Memilih Bibit Kentang.
  3. Pengolahan Lahan Budidaya Kentang.
  4. Cara Menanam Kentang di Lahan.
  5. Pemupukan.
  6. Perawatan.
  7. Penanganan hasil panen.

PEMUPUKAN

Pemupukan tanaman kentang dilakukan bertahap untuk memberikan keseimbangan ketersediaan unsur hara di tanah dan kebutuhan tanaman. Rekomendasi pemupukan dari Pupuk Mahkota untuk tanaman kentang adalah sebagai berikut:

 

 

Sumber : infoagribisnis, sakadoci, wikipedia, Rekomendasi Team R&D